11 months ago

Ada yang katakan, bila tempat tinggal itu tidak cuma satu bangunan untuk dihuni. Tempat tinggal memiliki arti yang lebih dalam. Mereka mengartikan tempat tinggal jadi satu hal yang dapat membuat kenyamanan, kehangatan, serta kebahagiaan dalam hati.

Bila sekian, bangunan semegah serta semewah apa pun tidak dapat dimaksud dengan ‘rumah’ apabila hati ini tidak terasa nyaman waktu ada disana. Demikian sebaliknya, satu gubuk mungil yang apa yang ada dapat jadi ‘rumah’ seandainya perasaan ini bahagia saat disana.

Jadi, tempat tinggal yaitu orang yang berada di dalamnya. Mereka yang membuat nyaman waktu ada didalam tempat tinggal.

“Because, a place doesn’t make home. Then, people do”

Ada pula yang katakan, bukanlah mewahnya bangunan yang membuat nyaman serta bahagia, namun beberapa orang di dalamnya lah yang dapat mengerjakannya. Sama seperti apa yang Philip-philip tuliskan pada sepenggal lirik lagu ‘home’ kepunyaannya. Tuturnya, tempat tinggal cuma dapat dibuat dengan ketulusan hati manusia.

What exactly home means?

Yap, itu memanglah benar ada. Sejumlah apa pun kita membuat ‘rumah’, bila tidak di ciptakan dengan tulus, tempat tinggal hanya satu bangunan.

Untuk saya, tempat tinggal yaitu tempat ternyaman didunia. Karna disanalah, saya dapat mencurahkan semua keluh kesah saya pada keluarga. Mereka tidak sempat mengeluh. Senantiasa jadi pendengar serta pemberi jalan keluar yang baik.

Yah, namun saya yaitu anak rantau yang menyukai berjalan-jalan yang tidak sering ada dirumah. Saya tidak seperti kalian yang dapat berjumpa keluarga setiap waktu. Seringkali ada jauh dari tempat tinggal, memaksa saya untuk temukan ‘rumah’ yang lain di perantauan.

Temukan tempat tinggal tidaklah hal yang gampang. Yakinlah, lebih gampang mencari pacar. Berjumpa banyak rekan baru, berjalan-jalan bareng, lakukan beberapa hal seru. Tetapi, rasa-rasanya sulit membuat rasa hangat serta nyaman waktu ada dalam lingkaran itu.

They are the people who I call home

Tempat tinggal yaitu mereka yang dapat buat saya jadi sendiri. Mereka yang dapat buat saya tertawa terlepas sampai perut saya sakit. Terlibat perbincangan semalam jemu, mengulas hal remeh yang berbuntut pada tangis serta tawa. Menertawakan kebodohan serta nasib hidup. Menangis karna bersukur temukan mereka. Hadirnya mereka mengingatkan saya bila saya tidak sendirian didunia ini.

Thank You for staying with me

Sebagian dari mereka mungkin saja tidak suka pada naik gunung. Namun, mereka tetaplah ingin mendaki dengan saya dengan semua kemungkinan yang ada. Sama seperti saat traveling tanpa ada rekan lelaki. Itu adalah pengalaman pertama yang mencemaskan untuk jasa kitchen set murah Bandung mereka. Tetapi, mereka tetaplah meyakini saya. Serta melanjutkan perjalanan. Terimakasih telah lakukan perjalanan yang mengagumkan dengan saya. Terimakasih telah meyakini saya. Terimakasih sudah jadi rekan perjalanan yang paling menarik.

Thanks for being my home

Serta, terimakasih telah mengajarkan saya mengenai arti persahabatan. Mengenai rekan yang akan tidak membiarkan sahabatnya terasa kesepian. Terimakasih telah mengajarkan saya mengenai arti satu perjalanan. Kalau perjalanan tidak cuma satu tujuan, tetapi nikmati tiap-tiap langkah serta membuat peristiwa dengan. Terimakasih telah jadi tempat tinggal ke-2 untuk saya.

← Sistem Zonasi untuk Menjaga Harga Wajar Rumah Makna Rumah sebagai tempat inspirasi →