about 1 year ago

Mempunyai satu tempat tinggal yaitu yang diimpikan untuk tiap-tiap orang serta pastinya juga untuk setiap pasangan suami istri. Tempat tinggal yaitu tempat berkumpul semua anggota keluarga serta tempat sharing pengalaman, pengetahuan, serta sudah pasti tempat sharing kasih sayang antarkeseluruhan anggota keluarga.

Tempat tinggal yaitu satu bangunan yang memiliki peranan jadi rumah serta berkumpul satu keluarga. Tempat tinggal adalah tempat semua anggota keluarga berdiam serta beraktivitas sebagai kebiasaan keseharian. Tempat tinggal dapat jadi sumber kedamaian, ide, serta daya untuk pemiliknya.

" Allah jadikan buat kamu bebrapa tempat tinggal jadi tempat ketenangan. " (QS an-Nahl 16 : 80). Sahabatku terkasih, tempat tinggal untuk orang beriman yang tahu persis maksud hidup yang sebentar ini, telah semestinya dimaknai jadi tempat mengambil ketenangan. Karenanya, ketahui peranan tempat tinggal untuk orang beriman.

Pertama, dapat jadi " al-Musholla ", tempat tinggal beribadah jadi usaha mencapai keridhaan Allah SWT. Rasulullah bersabda, " Terangilah tempat tinggal tanggamu dengan bacaan Alquran serta shalat, " (yang disebut dengan shalat di sini yaitu shalat sunah, sesaat untuk shalat fardhu yaitu harus berjamaah di masjid terkecuali untuk Muslimah).

Ke-2, jadi " al-Madrasah ", tempat tinggal yang meniscayakan sistem tarbiyah serta edukasi dimana bapak ibu jadi gurunya serta anak-anak jadi muridnya. Ke-3, " al-Junnah " atau benteng untuk melindungi iman keluarga dari rusaknya akidah serta penyakit sosial.

Ke-4 jadi " al-Maskanah ", pelipur lara serta pelepas duka serta kepenatan. Kebiasaan dunia kadang-kadang membawa dampak jemu. Tempat tinggal jadi tempat terbaik menyingkirkan kejenuhan serta mendatangkan ketenangan.

Ke-5, " al-Maulud ", tempat perbanyak keturunan umat Nabi Muhammad SAW. Ke-6, " al-Markaz ", menyiapkan generasi dakwah yang kuat. Ke-7, " al-Mahya-us Sunnah ", untuk menghidupkan amal sunah Rasulullah, seperti langkah makan, minum, adab hubungan suami istri, dsb. Ke-8, " al-Marham ", komunitas liqa, silaturahim dengan tetangga, serta teman dekat mukmin.

Tempat tinggal dalam Islam yaitu tempat tinggal yang memiliki ciri serta tanda seperti luas serta bersih. Hal semacam ini berdasar pada hadis Rasulullah SAW, " Empat hal yang membawa kebahagiaan, yakni wanita salehah, tempat tinggal yang luas, tetangga yang baik, serta kendaraan yang enak. " (HR Ibnu Hibban).

Selanjutnya, hiasi tempat tinggal dengan sederhana serta tidak terlalu berlebih. Tidak memajang patung maupun tidak pelihara hewan peliharaan anjing. Dalam soal memajang patung, simak hadis tersebut, “Sesungguhnya malaikat akan tidak masuk satu tempat tinggal yang di dalamnya ada patung. " (HR Bukhari serta Muslim).

Tidak juga pelihara anjing. Karna, Rasulullah SAW melarang pelihara anjing didalam tempat tinggal tidak ada satu kepentingan. Hal semacam ini juga terkait erat dengan najis dari air liur hewan anjing itu yang dapat melekat beberapa perlengkapan tempat tinggal kita. Mudah-mudahan mewujud tempat tinggal dambaan, yakni rumahku surgaku. Wallahu a’lam.

← Tentang Makna ‘Rumah’ Bagi Para Pejalan Lantai Rumah Idaman, Granit Atau Keramik →