3 months ago

Apa Moms sempat dibikin takjub karena lihat si balita mandiri serta telah dapat lakukan hal yang cukuplah susah di umurnya, seperti menyimpan pakaian kotor di tempatnya atau tuangkan air ke gelas minumnya sendiri? Hal barusan mungkin saja tampak simpel, ya, Moms, tetapi menirukan rutinitas baik yang telah dicontohkan Moms dapat mengisyaratkan jika balita telah siap belajar mandiri.

Masih tetap kerap menguber anak kesana kemari untuk menyuapi makan? Yuk, hentikan rutinitas semacam itu serta mulai sampaikan balita untuk makan sendiri. Tidak cuma untuk mengajari balita mandiri tetapi akan memberi Moms semakin banyak waktu produktif untuk lakukan hal-hal lain.

Sering orangtua tidak mau anaknya pergi keluar saat malam hari atau pergi sendiri ke sekolah sendiri karena ingin membuat perlindungan. Tapi, untuk mengasuh anak serta jadikan mereka mandiri, Anda memang perlu meredam dikit perasaan pelindung Anda, apalagi bila condong mengekang. Biarlah anak-anak memakai transportasi umum serta biarlah mereka berani keluar serta belajar ambil resiko untuk sendiri.

  1. Biarlah Mereka Lihat Kerasnya Kenyataan
    Kerasnya fakta tidak terus-terusan tentang pemerkosaan, AIDS, prostitusi, pornografi serta ada banyak lagi. Akan tetapi, anak-anak Anda tidak dapat polos selama-lamanya. Mungkinkan mereka untuk lihat berita yang terkait dengan tema ini hingga mereka mengetahui apa yang berlangsung didunia.

  2. Beri Uang
    Anda bisa memberi anak Anda cukuplah uang untuk mengawali suatu dari mereka sendiri. Tapi, janganlah berikan mereka kebanyakan yang membuat mereka sangat senang. Yakinkan jika mereka tidak kelaparan tapi sampaikan juga jika anak mesti berusaha keras untuk menghidupi kehidupannya.

  3. Biarlah Mereka Membuat Kesalahan
    Janganlah sangat takut saat tahu anak akan didenda karena berkendara secara cepat atau tidak berhasil ujian. Kebebasan itu mutlak. Tapi, yakinkan Anda ambil aksi hukuman yang pas karena itu. Bila anak tidak berhasil dalam ujian, kurangi uang sakunya. Bila mereka minuman mengandung alkohol serta mengemudi, janganlah dibiarkan mereka berkendara. Hukuman mesti berkaitan serta membuat kapok di tempat yang pas.

Waktu jam makan hadir, simpan si kecil di kursi makan spesial anak lantas tempatkan piring makanan di hadapannya. Yakinkan makanan telah dipotong kecil sesuai dengan ukuran mulutnya. Sediakan dua buah sendok, satu untuk Moms serta satu untuk si kecil.

Biarlah balita memegang sendok kecil waktu Moms menyuapi dengan sendok satunya. Dengan cara alami, si kecil akan belajar memegang sendok dengan benar serta berupaya untuk makan sendiri. Belajar makan mandiri perlu waktu, jadi biarlah saja jika anak masih tetap makan dengan berantakan, ya, Moms.

Mendidik balita mandiri memang seharusnya diawali semenjak awal, supaya nilai kemandirian selalu menempel bersamaan perkembangan ciri-ciri serta perubahan kepribadiannya. Nah buat Moms yang ingin si kecil jadi balita mandiri, dapat cobalah 5 langkah di bawah ini :

← 8 Perkara Tentang Adab Anak Kecil Yang Ibu Bapa Selalu Terlepas CARA MENDIDIK ISTRI AGAR MENJADI SOLEHAH →