3 months ago

Hasil analisis dari Economic and Social Research Councils’ Festival of Social Science pada tahun 2011 menyampaikan dengan bergurau bersama dengan anak-anak

Saya alami kesusahan dalam mendidik anak-anak saya supaya mereka jadi anak saleh. Saya jadi kerap geram serta memukul mereka. Minta nasehatkan saya dalam permasalahan ini, juga katakan saya buku yang berguna mengenai hal seperti ini.
Published Date : 2012-08-30


Alhamdulillah.

Pendidikan anak adalah keharusan orangtua. Allah Ta'ala sudah memerintah dalam Al-Quran, begitupula Rasululllah shallallahu alaihi wa sallam dalam haditsnya.

Firman Allah Ta'ala,

يا أيها الذين آمنوا قوا أنفسكم وأهليكم ناراً وقودها الناس والحجارة عليها ملائكة غلاظ شداد لا يعصون الله ما أمرهم ويفعلون ما يؤمرون (سورة التحريم : 6)

" Hai beberapa orang yang beriman, peliharalah dirimu serta keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya merupakan manusia serta batu ; cara jitu cepat hamil penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, serta tidak mendurhakai Allah pada apa yang diperintahkan-Nya pada mereka serta tetap kerjakan apa yang diperintah. " (QS. At-Tahrim : 6)

Imam Ath-Thabari dalam tafsirnya mengenai ayat ini berkata,

" Wahai orang yang benar keimanannya pada Allah serta Rasul-Nya, 'Peliharalah diri kalian, ' Sebaiknya keduanya sama-sama mengajari suatu yang membuat kalian bisa berlindung serta terlepas dari neraka, yakni jika mereka beramal dalam ketaatan pada Allah. Sedang firman-Nya 'Dan (jagalah) keluarga kalian dari neraka. ' Tujuannya merupakan sampaikan keluarga kalian amal ketaatan pada Allah yang bisa membuat perlindungan mereka dari api neraka.

(Tafsir Ath-Thabari, 28/165)

Al-Qurthubi berkata,

" Muqatil berkata, ini adalah hak sebagai keharusan pada dianya, anaknya, keluarganya serta budaknya. Ilkia berkata, 'Kita harus mengajakan agama serta kebaikan pada anak-anak kita, atau adab apa yang tidak bisa mereka tinggalkan. Seperti firman Allah Ta'ala,

وأ�'مُر أهلك بالصلاة واصطبر عليها (سورة طه : 132)

" Serta perintahkanlah pada keluargamu membangun shalat serta bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. " (QS. Thaha : 132)

Atau seperti firman Allah Ta'ala pada Nabi shallallahu alaihi wa sallam,

وأنذر عشيرتك الأقربين (سورة الشعراء : 214)

" Serta berilah peringatan pada kerabat-kerabatmu yang paling dekat, " (QS. Asy-Syuara : 214)

Juga ada dalam hadits

مروهم بالصلاة وهم أبناء سبع

" Perintahkan mereka (anak-anak kalian) untuk melakukan shalat waktu mereka berumur tujuh tahun. "

(Tafsir Al-Qurthubi, 18/196)

Seseorang muslim, siapa saja dia, merupakan orang yang membawa pada jalan Allah Ta'ala, jadi jadikanlah orang yang pertama mendapat dakwahnya merupakan anak-anak serta keluarganya, lalu beberapa orang selanjutnya. Allah Ta'ala, waktu memberikan tugas Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam untuk berdakwah, Dia berfirman padanya, " Serta berilah peringatan pada kerabat-kerabatmu yang paling dekat, " (QS. Asy-Syuara : 214), karena mereka merupakan orang yang sangat memiliki hak mendapat kebaikan serta kasih sayangnya. baca di link ini http://www.carasupayacepathamil.net/2017/06/12-cara-jitu-cepat-hamil-dan-tips-cepat.html

وجعل الرسول صلى الله عليه وسلم مسؤولية رعاية الأولاد على الوالدين وطالبهم بذلك :

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam juga jadikan perawatan anak menjadi tanggung jawab orangtua serta menuntut mereka karena itu.

Dari Abdullah bin Umar, dia berkata, " Saya dengar Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

" كلكم راع وكلكم مسئول عن رعيته الإمام راع ومسئول عن رعيته والرجل راع في أهله وهو مسئول عن رعيته والمرأة راعية في بيت زوجها ومسئولة عن رعيتها والخادم راع في مال سيده ومسئول عن رعيته قال وحسبت أن قد قال والرجل راع في مال أبيه ومسئول عن رعيته وكلكم راع ومسئول عن رعيته " . رواه البخاري (853) ومسلم (1829)

" Semuanya kalian merupakan pemimpin serta kalian akan di tanya mengenai beberapa orang yang kalian pimpin. Kepala negara merupakan pemimpin, serta akan di tanya mengenai kepemimpinannya, seseorang ayah pemimpin dalam keluarganya, serta dia akan di tanya mengenai yang dipimpinnya. Seseorang ibu pemimpin didalam rumah suaminya. Pembantu pemimpin pada harta masjiannya serta akan di tanya akan kepemipinannya. Serta saya menduga sudah menyampaikan, seorang peminpin pada harta ayahnya serta akan di tanya pada kepemimpinannya. Semasing kalian merupakan pemimpin serta akan di tanya pada kepemimpinannya " (HR. Bukhari, no. 853, Muslim, 1829)

Diantara keharusan anda menumbuhkan semenjak awal kecintaan pada Allah serta Rasul-Nya dan menyukai ajaran Islam. Sebaiknya anda kabarkan jika Allah mempunyai neraka serta surga. Neraka Allah begitu panas, bahan bakarnya dari manusia serta batu.

Di bawah ini suatu cerita yang mempunyai pelajaran ;

bisa menolong mereka dalam jalinan sesama manusia. Jika ibu-bapa bergurau bersama dengan anak-anak, diselangi dengan ketawa mereka, perasaan benar-benar bahagia.

← 21 Cara Mendidik Anak Perempuan dengan Baik definisi cantik pada wanita →