8 months ago

Buseeet…. Tuturnya bunga angsuran 10 %, kok bulan ini besar banget. Penipuan publik bank ini!” Demikian Sylvi merintih saat merasakan info tagihan cicilan credit pemilikan rumah (KPR) yang baru ia beli.

Tiada ba..bi..bu…, Sylvi lalu mendatangi bank yang melayani KPR-nya. Tujuannya ialah protes “penipuan” itu. Tetapi, dengan muka ramah, konsumen service bank menuturkan kenaikan angka angsuran itu.

Nyatanya, Sylvi lupa jika KPR yang ia akses mengaplikasikan bunga floating sesudah 2 tahun waktu angsuran. Awal mulanya, yang digunakan ialah bunga fixed sebesar 10 %.

Dengan ide floating alias mengambang, besaran bunga diputuskan bank dengan referensi suku bunga di market. Menjadi, jika suku bunga naik, bunga KPR turut naik. Begitupun demikian sebaliknya.

Sedang bunga fixed, seperti namanya, besarannya tidak berubah-ubah. Nah, bank biasanya memakai pola bunga fixed pada 2 tahun pertama angsuran, lantas angsuran setelah itu gunakan bunga floating.

Sylvi lupa jika cicilannya telah masuk tahun ke-3. Berarti, angsuran masih dengan bunga 10 % telah tidak dapat ia nikmati. Sekarang, bunga KPR-nya ikuti pergantian di market, dapat naik, turun, atau masih.

Berikut yang perlu diprediksi. Sylvi sudah sempat emosional karena kaget tahu angsuran KPR yang perlu ia bayar melonjak. Soalnya, dia belumlah membagikan angsuran itu dalam gagasan keuangannya.

Automatis, sekarang dia mesti mengutak-atik lagi gagasan itu supaya cocok dengan pengeluaran saat ini. Hal seperti ini dapat dijauhi bila kita mempersiapkan diri lebih dulu mengkalkulasi angsuran KPR bunga floating.

Simulasi Angsuran KPR Bunga Floating

Hitungan angsuran KPR bunga floating sedikit-banyak sama juga dengan angsuran KPR bunga fixed. Cuma, angsuran dapat berubah-ubah sama dengan bunga yang diputuskan waktu itu. Ada bank yang mengevaluasi bunga ini per 6 bulan, ada pula yang setiap tahun.
Angsuran KPR bunga floating
Agar tidak bingung yuk kita belajar ngitung (belajar berhitung/OmediaPC)

Di bawah ini angsuran KPR bunga floating dengan pola efisien serta anuitas. Sebetulnya masih tetap ada satu pola bunga lagi, yaitu flat. Akan tetapi bunga floating dengan pola flat tidak laku untuk KPR.

Umumnya, bunga flat diresmikan untuk credit periode waktu pendek, contohnya credit tiada jaminan (KTA). Dengan pola flat, besaran cicilan akan sama setiap bulan sampai lunas.

Dalam simulasi ini, kita akan mengkalkulasi angsuran KPR bunga floating yang dilihat per tahun. Menjadi, besaran bunga beralih setiap tahun. Data KPR yang akan dihitung:

Beberapa orang menanyakan, bagaimanakah cara bank mengkalkulasi angsuran KPR per bulan? Jawaban secara singkat ialah, umumnya bank di Indonesia memakai skema perhitungan angsuran KPR dengan cara anuitas.

Apa ketidaksamaan cara anuitas di banding dengan cara yang lain (cara flat serta cara efisien)? Artikel dibawah akan mengulas ketidaksamaan ke-3 skema bunga KPR itu.

Sebelum mengulas perhitungan bunga, perlu untuk diketahui rumus tersebut, jika angsuran KPR adalah jumlahnya dari angsuran pokok ditambah bunga.

← tahapan dan cara mengajukan kpr dengan detail lengkap Sebelum Beli Rumah Secara Oper Kredit, Pelajari Dulu Untung →