8 months ago

kitchen set kota bandung jawa barat - Siang hari ini Fauzi terasa begitu bingung serta putus harapan sesudah pulang dari BTN. Bagaimana tidak, semula dia mempunyai tujuan untuk ambil asli sertifikat tempat tinggalnya, yang telah dibelinya dengan mencicil dari orang yang lain. Fauzi sudah membayar cicilan credit pemilikan rumah itu saat 10 tahun paling akhir. Akan tetapi saat pelunasan serta dia akan ambil asli sertifikat rumah itu, pihak BTN menampik untuk memberi asli sertifikat atas tempat tinggalnya. Usut miliki usut, nyatanya Fauzi tidak mempunyai dokumen apa pun yang mengatakan jika dia ialah orang yang meneruskan angsuran pembayaran rumah yang dulunya di beli atas nama Amir. Atau mungkin dengan kata lainnya, Fauzi mengoper credit rumah itu dari Amir. Pada Amir serta Fauzi cuma dibuatkan satu kwitansi lunas. Pihak BTN masih berkeras cuma akan memberi asli sertifikat tanah itu pada Amir. Susahnya lagi, Fauzi saat ini telah tidak paham di mana kehadiran Amir.

Contoh itu seringkali berlangsung pada penduduk karena minimnya pengetahuan tentang seluk beluk oper credit. Banyak yang memandang jika dengan bukti lunas pada konsumen serta penjual saja telah beres. Akan tetapi mereka lupa jika dalam jual beli dengan credit atau angsuran, bukan sekedar menyertakan pemilik rumah saja, tetapi juga menyertakan bank pemilik agunan atas tanah serta bangunan yang disebut. Karena itu, tentunya ada “aturan main” dalam koridor hukum yang perlu dipenuhi dengan beberapa pihak yang akan lakukan transaksi oper credit disebut.

Proses Oper Kredit

Proses oper Credit Rumah yang dibeli dengan KPR (Credit Pemilikan Rumah) dalam dunia perbankan (salah satunya misalnya yang dibicarakan di bawah ini ialah di Bank Tabungan Negara – BTN), umumnya dikerjakan dengan 2 langkah, yakni:

A. Oper Credit Langsung Lewat BTN

Oper credit langsung lewat BTN ialah oper credit dengan sah, lewat cara lakukan “Alih Debitur”. Triknya ialah seperti berikut:

  1. Para pihak langsung dapat menghadap ke sisi credit administrasi di BTN, atau ke konsumen service serta ajukan tentang peralihan hak yang dimaksud
  2. Mengajukan permintaan mengambil credit untuk lalu nanti akan bertindak selaku Debitur baru menukar tempat penjual menjadi Debitur lama.
  3. Dalam perihal credit di setujui oleh BTN (sesudah di teliti persyaratannya), karena itu konsumen akan bertindak selaku Debitur baru menukar tempat penjual menjadi Debitur lama. Konsumen akan menanda-tangani Kesepakatan Credit baru atas namanya, tersebut akta jual beli serta pengikatan agunan (SKMHT)

Keunggulannya dari Alih Debitur lewat BTN langsung ialah:
a. Sertifikat telah bisa dibalik nama ke atas nama konsumen, meskipun masih tetap masih di jaminkan ke BTN serta baru bisa diambil sesudah credit dilunasi.
b. Pembeli bisa mencicil ke BTN atas namanya sendiri.

Mengenai Kelemahannya ialah:
a. Proses mengajukan menjadi Debitur di BTN lebih rumit
b. Menghabiskan waktu lebih lama (karena mesti di teliti oleh analys credit mereka)
c. Ada peluang tidak diterima untuk debitur alternatif oleh pihak BTN
c. Biaya untuk alih Debitur umumnya relatif tambah mahal, karena mesti lewat prosedur sama dengan kebijaksanaan dari semasing Bank

Related Posts
Pembelian Rumah Lewat Developer Di Area Perumahan

Harga Properti Melambung, BI Mengeluarkan Ketentuan Baru

Langkah Pemberlakukan Dokumen Asing Di Indonesia

B. PENGOPERAN HAK ATAS TANAH DI HADAPAN NOTARIS

Tidak hanya proses oper credit lewat BTN dengan cara langsung lewat cara ”Alih Debitur” itu, ada proses lainnya yang cukuplah aman untuk dikerjakan,alamat toko furniture di bandung meskipun tidak sesempurna alih debitur dengan cara langsung, yakni pengoperan hak atas tanah serta bangunan dengan memakai akta Notaris.

Mekanismenya ialah seperti berikut:

  1. Penjual serta Konsumen hadir ke Notaris dengan membawa kelengkapan berkas seperti di jabarkan berikut ini.
  2. Dibuatkan akta Pengikatan Jual beli atas pengalihan hak atas tanah serta bangunan yang disebut tersebut Surat Kuasa untuk melunasi bekas cicilan serta kuasa untuk ambil sertifikat.
  3. Penjual menanda-tangani surat pemberitahuan pada BTN tentang peralihan hak atas tanah yang disebut, yang utamanya semenjak pengalihan ini, meskipun cicilan serta sertifikat masih tetap atas nama penjual, tetapi karena haknya telah berpindah karena itu penjual tidak memiliki hak lagi untuk melunasi sendiri serta ambil asli sertifikat yang terkait pada BTN.
  4. Setelah salinan akta tuntas, penjual berbarengan dengan konsumen mengemukakan pada BTN salinan akta-akta seperti dimuat pada poin 2 itu tersebut surat yang disebut pada poin 3

Keunggulan proses dari oper credit dengan memakai akta notaris ialah Hasilnya lebih cepat dan mudah, serta cost relatif tambah murah.
Sedang kelemahannya ialah:
a. Sertifikat masih tetap atas nama penjual serta masih tetap di jaminkan ke BTN
b. Pembeli mencicil ke BTN atas nama penjual.
c. Apabila peralihan hak ini tidak diberitakan pada BTN (seperti poin 4), peluang terburuknya Penjual dapat setiap saat melunasi sendiri ke BTN serta ambil asli sertifikat tanah serta bangunan yang telah diarahkan. Oleh karenanya, dalam melakukan alih debitur dengan memakai akta Notaris harus diteruskan dengan pemberitahuan pada pihak Kreditur.

Meskipun ada banyak kekurangan (yang dapat dijembatani), pengoperan credit dengan memakai akta Notaris tetap harus tambah lebih aman dibanding oper credit dengan hanyak memakai surat pengalihan dibawah tangan, atau bahkan juga tiada memakai surat apa pun (cuma kwitansi). lemari custom bandung Karena karenanya ada akta Notaris itu serta bukti surat pemberitahuan, karena itu saat pelunasan nanti pihak konsumen bisa ambil asli sertifikat dengan membawa bukti berbentuk akta Notaris yang telah ditanda-tangani awal mulanya oleh kedua pihak.

Menjadi penutup, butuh saya berikan jika oper credit dengan memakai akta Notaris itu cuma dibisa di kerjakan 1 barangkali. Berarti cuma dari pemilik asal pada konsumen pertama. Bila konsumen pertama akan mengoperkan lagi rumah itu, karena itu konsumen pertama itu mesti bisa mendatangkan pemilik asal agar bisa dibuatkan transaksi baru.

CATATAN:

Data Yang dibutuhkan Untuk Membuat akta pengoperan Hak atas Rumah yang masih juga dalam proses credit di bank ialah:

A. Data Objek jual beli (tanah/bangunan)

  1. Foto copy Kesepakatan Credit serta surat penegasan pencapaian kredit
  2. Foto copy sertifikat (yang berisi info /stempel pihak bank jika tanah serta bangunan itu tengah dijaminkan pada bank terkait)
  3. Foto Copy IMB
  4. Foto copy SPPT PBB 5TH paling akhir yang telah diperlengkapi dengan bukti lunasnya (STTS)
  5. Print out bukti pembayaran cicilan yang paling akhir sebelum dikerjakan oper kredit
  6. Asli buku tabungan yang dipakai untuk pembayaran angsuran

B. Data Penjual & Konsumen:
a.1. Copy KTP suami isteri
a.2. Copy Kartu keluarga
a.3. Copy Akta Nikah
a.4. Copy Info WNI atau ubah nama (jika ada, untuk WNI keturunan)

← simulasi menghitung KPR dan cicilan KPR Arti Mimpi Menggendong Bayi Menurut Islam Dan Psikolog →